Blogger news

8/11/2016

Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Halooo! Selamat pagi!
I'm so glad to have an opportunity write in this blog again ;;)

Bukan pecinta alam, cuman pecinta kamu yang hanya ingin alam masih bisa dinikmati anak cucu kita. - dwiki rama l

Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat''.

Gunung Lawu sangat populer untuk kegiatan pendakian. Setiap malam 1 Sura banyak orang berziarah dengan mendaki hingga ke puncak. Jadi gunung lawu, cukup terkenal dengan hal-hal mistik. Karena populernya, di puncak gunung bahkan dapat dijumpai pedagang makanan. Yaitu yang paling terkenal Warung Mbok Yem.

Warung Mbok Yem. Lilly in frame

Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m. Pendakian saya kali ini melalui Cemorosewu, Sarangan, Kabupaten Magetan.

Dari kota Malang naik kereta api menuju kota Kediri, dengan harga tiket Rp 15.000 saja ;) sampai di kota Kediri, kita menuju Terminal Tamanan, Kediri harus berjalan dulu sampai alun-alun kemudian bisa mendapat angkutan umum. Perjalanan dilanjutkan dengan naik bus menuju kota Nganjuk, karena tidak ada bus yang langsung menuju kota Magetan. Harga tiket bus Rp 10.000.

Sampai Nganjuk oper bus menuju Terminal Maospati, Magetan dengan harga tiket Rp 10.000. Kemudian naik bus menuju Plaosan (daerah terakhir yang dilewati bus), untuk bus ini ada sampai jam 5 sore. Menuju Cemorosewu kita naik colt (seperti angkutan umum) , ngomong aja ke bapak supir mau naik gunung Lawu, nanti kita diturunkan di tempat yang ada colt. jam terakhir colt beroperasi juga jam 5 sore, dengan ongkos Rp 25.000 jika colt penuh.Hampir saja tidak mendapat colt, alhamdulillah colt terakhir yang sudah mau pulang mau mengantar kami,  tetapi dengan ongkos lebih. Jangan lupa minta nomer bapak supir, karena sekarang jarang ada colt yang siap dari Cemorosewu.

Sebenarnya ada kereta api langsung menuju kota Magetan tapi harganya mahal sekali, kira2 duakali, belum ditambah ongkos dari stasiun menuju Cemorosewu (':


Perizinan pendakian,  hanya perlu ktp ketua rombongan dan tiket masuk Rp 10.000/orang, tidak diitung perhari kok, jadi murah. ga kaya gunung di Jawa Timur sekarnag ini yang tiket masuk diitung perhari (': Untuk parkir kendaraan motor Rp 3.000, mobil RP 10.000.

Di jalur pendakian Cemorosewu ada 5 pos dan jalan berupa batu-batuan.
Dari pos perizinan menuju Pos 1 jalan relatif datar dan hanya sedikit tanjakan. Perjalanan sekitar 1 jam. Pos 1 2163 mdpl berupa shelter sama seperti Pos 2 dan Pos 3. di Pos 1 terdapat warung.

lupa ga foto pos 1, maafkan ):
Jalan menuju Pos 2 yang paling jauh, dan lebih menanjak daripada perjalanna menuju Pos 1, juga terjal. Perjalanan sekitar 2 jam. Namun jika ingin sedikit cepat bisa memotong jalur tapi jalan nya agak curam sekali, sudah ada jalurnya kok tinggal ngikutin aja. Sepanjang perjalanan cinta pemandangan bagus sekali :))

Lilly dan mas Panji in frame
Pos 2
Dari Pos 2 menuju Pos 3  perjalanan masih sama seperti trek sebelumnya, berbatuan dan masih menanjak, jika sampai sini sudah sore maka biasanya kabut mulai menyelimuti trek ini, hati - hati karena jalan agak terjal dan menanjak. Perjanan sekitar 1 jam.

Pos 3
Porter kesayangan nyahaha. mas Panji in frame

Dari Pos 3 menuju Pos 4 trek pada jalur ini sudah sangat curam dan menanjak sekali, jalannya zigzag menanjak tetapi jangan khawatir sudah ada pegangan tangan tapi sudah banyak yang rusak ._. di trek ini juga pohon-pohon mulai rapat. Perjalanan sekitar 1,5 jam. Di Pos 4 tidak ada shelter seperti pos2 sebelumnya. katanya kita bisa langsung melihat kota dan telaga dari sudut ini, tapi kalau ga lagi berkabut kaya gini ya (':

Pos 4

Pos 4 menuju Pos 5 dekat, sekitar 30 menit.terdapat sumur Jolotundo di jalan anatara pos 4 dan pos 5.

I love the atmosphere, the view, the sky, and you ((:
Menuju Pos 5. Vio in frame
Di Pos 5 kita bisa mendirikan tenda atau numpang menginap di warung jika warung buka. Pos 5 terdapat 3 warung makan yang bisa menampung kurang lebih 20 orang per warung. Pos 5  bisa menampung kurang lebih 10 tenda. Saya saranin camp di Pos 5, karena dari sini menuju puncak hanya sekitar 20-30 menit.

Perjuangan gapernah mengkhianati :))

#iamNikon

#nikonjuara nyahahah :D

Karena kami lebih memilih summit saat matahari sudah benar2 bangkit, menikmati sunrise dari Pos 5 ga kalah cantiknya :))

  enzu dan mas Panji in frame

Trek selanjutnya gengs ;)
Sebelum sampai puncak kita akan melewati Sendang Drajat, perjalanan kira2 15 menit. Sebuah sumber mata air seperti sumur, di Sendang Drajat ini juga terdapat sebuah pemujaan yang dulu dipakai untuk ritual Raja dan sampai saat ini masih dipakai untuk ritual - ritual. Di Sendang Drajat terdapat warung juga, kita pun bisa menginap di warung tersebut atau jika masih ingin melanjutkan perjalanan untuk lebih dekat ke arah puncak kita bisa menginap di Warung Mbok Yem yang jaraknya 15 menit perjalanan dari Sendang Drajat.

Puncak tertinggi Gunung Lawu, hargo Dumilah. Lilly in frame
 Dari puncak sebelahnya Hargo Dumilah (gatau namanya puncak apa._.) lebih suka puncak ini, karena pemandangannya lebih super ;;)

a man with Telaga Kuning. mas Panji in frame

Gunung ke-6 enzu bersama cewek strong ini :))

a good piece of advice for everyone: surround yourself wit hpeople who have beautiful mind and soul
Harus berapa lama aku menunggumu (?) #bapersebentar
Saat kami ke Lawu banyak warung yang tutup, karena banyak yang turun dan memilih buka lagi sekitar 17 Agustus. Tapi Warung Mbok Yem tetap buka. Warung tertinggi di pulau Jawa.

Mbok Yem super sekali :))

Estimasi biaya yang saya tulis update 2016, bisa berubah menurut waktu yaak ;)

Thanks for reading and good reading! #timerjuara nyahahaha

 Watch my video too on : https://www.youtube.com/watch?v=qAkSfduwIaw :D

8 comments:

  1. Nice post,keren banget, touching banget. ditunggu postingan berikutnya sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. uaaah >.< ditunggu agenda mendaki ceria selanjutnyaaaah

      Delete
  2. Sudah ke gunung apa aja mbak hehehe ? Disitu ditulis 6 gunung, sebutin dong hehe ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panderman, Arjuno, Welirang, Semeru, Butak, dan Lawu. thanks for reading ehehehehehe :D

      Delete
  3. untuk sekarang kira kira ongkos, dan akutan kolt nya gmn ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya kira2 sekitar 30-35rb, mungkin juga bisa 40rb kak, tp itu tergantung pembicaraan sm supirnya juga ^^

      Delete
  4. hahahaha pengen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera ke Lawu juga mas! :)

      Delete